Bisa survive di Prancis dengan kerja part time?

Serunya di Paris adalah sangat beragamnya kisah dan latar belakang orang-orang Indonesia yang saya temui. 8 tahun pertama di Prancis, saya tinggal di kota-kota kecil sehingga jumlah orang Indonesianya lebih sedikit. Memang sih di setiap kota selalu ada pelajar, pekerja maupun ibu-ibu yang menikah dengan orang Prancis. Dulu sebagian besar pelajar yang saya kenal kalau tidak datang dengan beasiswa, dibiayai orangtua, atau grup pelajar yang datang lewat agen pendidikan yang menghabiskan ratusan juta.

Namun di Paris ini saya menemukan keragaman kisah perjuangan para pelajar Indonesia untuk bisa survive disini sendiri tanpa beasiswa dan tanpa kiriman dari orangtua. Sebagian besar bekerja part time di berbagai restoran cepat saji, restoran Prancis sampai kerja di Disneyland, di tempat pijat, menjadi babysitter, sampai yang sangat kreatif menjadi auto-entrepreneur untuk jualan berbagai masakan Indonesia dan membuka tour guide untuk traveler Indonesia yang mau jalan-jalan di Eropa. Kenapa Paris? Mungkin karena Paris ini ibu kota sehingga peluang kerja paruh waktu dan peluang usaha lebih besar dibanding di kota kecil.

Buat yang belum tau, Prancis merupakan salah satu negara di Eropa selain Jerman yang biaya pendidikan dan biaya hidupnya menurut saya cukup terjangkau. Memang sih mulai tahun ajaran 2019-2020 ini, biaya kuliah khusus untuk mahasiswa asing dinaikkan ! Yang tadinya 180€ menjadi 2770€ untuk tingkat sarjana, juga untuk tingkat master dan doktorat dari 243-380€ saja pertahun menjadi 3770€ 😢. Cuman menurut saya angka ini masih jauh lebih kecil dibanding biaya kuliah di Belanda, Inggris, negara-negara Skandinavia, Amerika dan Australia.

Beberapa minggu yang lalu, saya berkumpul dengan dua orang teman yang kebetulan memiliki pengalaman kerja part time di Paris sambil studi Licence dan sambil sekolah bahasa. Kita akhirnya bikin video bareng mengenai tips mendapatkan kerja part time, jumlah jam kerja per minggu yang dibolehkan dengan visa pelajar, gaji perbulan, juga berbagai pengalaman baik dan buruk yang terjadi selama bekerja. Salah satu teman saya yang kebetulan pakai jilbab dan sedang sekolah bahasa untuk persiapan kuliah Master juga berbagi mengenai boleh tidaknya penggunaan jilbab ketika bekerja di restoran. Yang paling menarik adalah gaji bulanan yang diperoleh selama kerja paruh waktu dengan jumlah kerja yang dibolehkan dengan visa status pelajar ternyata cukup loh untuk menanggung biaya hidup bulanan di Prancis.

Penasaran dengan cerita pengalaman kerja paruh waktu di Prancis ? Silahkan langsung saja tonton video dari kami ! 😉Kalau ada pertanyaan langsung saja komen dan akan kita bantu jawab sebisa mungkin 🙂

Cerita pengalaman part time di Prancis feat. Yumna dan Wahyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.