Keribetan sewa tempat tinggal di Prancis

Buat yang belum familiar dengan keribetan proses administratif di Prancis, ternyata bukan hanya urusan ijin tinggal, visa dan sejenisnya yang prosesnya menjelimet nun lama tiada tara, namun juga urusan mencari serta menyewa tempat tinggal pun memiliki *keasikan tersendiri. Kalau di Indonesia atau di kebanyakan negara asia lainnya, nyewa tempat tinggal itu gampang yang penting ada uang. Sebagian besar mahasiswa di Prancis yang kampusnya terfasilitasi dengan asrama sendiri seperti ketika saya kuliah dulu di Brest cukup beruntung karena setidaknya mengurangi keribetan mencari tempat tinggal kesana kemari.

Apa sih sebenernya yang bikin menemukan dan menyewa tempat tinggal di Prancis itu rumit?

Jumlah deposit yang tidak sedikit

Jumlah deposit atau yang kita sebut dépôt de garantie yang diminta oleh para propriétaire berkisar antara satu sampai dua bulan harga sewa. Selama saya menyewa berbagai macam apartemen sejak mulai bekerja, rata-rata jumlah deposit yang harus diberikan di awal masuk apartemen adalah 2 bulan. Sehingga di awal masuk apartemen, kita wajib menyiapkan 3 bulan harga sewa. Bayangin nih jika harga sewa apartemen 600€ berarti kita harus memberikan 1800€ T_T

Harus punya financial guarantor

Dikarenakan yang namanya pelajar tentunya belum memiliki penghasilan tetap sehingga memungkinkan si penyewa ini menunggak atau gak bayar kosan, makin kesini-sini, semakin banyak para pemilik apartemen alias propriétaire yang mensyaratkan penyewa untuk memiliki seseorang yang dapat menjadi penjamin keuangan jika sang penyewa tidak membayar sewa bulanan. Jadi orang yang menjadi penjamin atau yang biasa disebut dengan garant ini wajib membuktikan ressource keuangannya dengan slip gaji sejumlah minimal 3 kali harga sewa apartemen yang mau dijamin. Setelah itu, ada surat pernyataan yang harus ditulis tangan dan ditandatangi sang penjamin yang juga harus bersedia menanggung ganti rugi sejumlah beberapa ribu euro jika terjadi kerusakan dsb di apartemen yang disewakan. Orang yang berhak menjadi garant ini harus orang yang bekerja di Prancis walaupun tidak harus orang Prancis asli. Namun buat para pelajar Indonesia, tentunya tidak mudah menemukan seseorang yang bekerja di Prancis yang bersedia menjadi garant.

Sudah pegawai namun masih masa percobaan?

Pelajar belum punya penghasilan, jadi wajar kalau dimintai guarantor. Nah, kalau sudah bekerja apakah persyaratan ini dibebaskan? Sayangnya Prancis tetap bersikukuh dengan keribetannya. Jika kita pegawai namun baru mulai kerja sehingga masih dalam masa percobaan, sebanyak apapun gaji kita, masih wajib memiliki garant. Karena yang namanya masa percobaan masih ada resiko dipecat sewaktu-waktu. Terus kalau kita sudah lulus masa percobaan apakah dibebaskan? Belum tentu. Tergantung gaji bersih kita berapa. Kita akan dibebaskan dari persyaratan garant jika gaji bersih kita lebih dari 3 kali harga sewa apartemen. Jadi kalau mau sewa apartemen 600€, minimal gaji bersih kita perbulan harus 1800€.

Etat de lieux d’entrée et de sortie

Etat de lieux d’entrée artinya evaluasi keadaan masuk. Dimana di hari pertama kita masuk apartemen, ada beberapa lembar kertas berisi list seluruh inventaris isi apartemen dengan beberapa kolom berjudul kondisi status barang-barang seperti kondisi tidak bagus, kondisi bagus dan kondisi baru. Kita sebagai penyewa bersama propriétaire atau agen akan mengevaluasi kondisi masing-masing barang yang di list dan mencatat jika ada komentar khusus. Misalnya nih ada 2 bantal, tapi yang 1 udah robek kainnya. Atau lantainya ada goresan di sudut tertentu. Hal-hal seperti ini wajib kita minta catat di état de lieux d’entrée ini dan jangan diremehkan. Karena ketika kita mau keluar dari apartemen, ada nih yang namanya état de lieu de sortie atau evaluasi keadaan untuk keluar. Disini kita membandingkan kondisi masuk dan keluar yang akan menentukan apakah uang jaminan yang kita berikan di awal dapat dikembalikan sepenuhnya atau akan dipotong sana sini karena ada beberapa kerusakan atau hilang di barang-barang inventaris ini.

Beberes persiapan état de lieux de sortie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.