Catatan Bekerja di Prancis[8] – Main board game

Salah satu budaya yang diterapkan perusahaan saya yang sekarang -sebenernya yang menerapkan adalah manager tim saya sih- adalah aktivitas bermain board game sebulan sekali pada jam makan siang di hari jumat. Tujuan main board game bareng ini tidak hanya untuk mengeratkan hubungan di antara tim saja, tapi juga berkenalan dengan tim lain. Jadi tim kami mengundang tim lain untuk bermain board game bersama supaya bisa mengenal orang-orang di tim yang berbeda karena kami jarang bekerja bersama. Ide ini tidak pernah ada di 2 perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya sih sehingga aktivitas ini sangat refreshing untuk membuat suasana kerja dan hubungan satu sama lain lebih santai. Untuk acara ini, VP engineering perusahaan saya juga berbaik hati meminjamkan kartu kreditnya untuk membayar makan siang kami berupa pizza.

Tipikal board game yang biasa kami mainkan memang agak geek, jadi bukan yang levelnya seperti monopoli, tapi yang aturan-aturannya lebih kompleks tapi masih bisa diselesaikan game-nya dalam waktu 2 jam seperti game-game berikut ini.

Ticket to Ride – Les aventuriers du rail

Board game yang berasal dari Jerman ini merupakan board game terfavorit saya karena cukup mudah untuk dimengerti dan cukup asik untuk dimainkan dengan kepala dingin. Saya pengen beli juga versi bahasa inggris dengan peta eropa namun agak ditunda dahulu karena harganya yang cukup mahal sekitar 44€. Jumlah pemain antara 2-5 orang. Inti dari permainan ini adalah menghubungan 2 kota di berbagai negara dengan gerbong-gerbong kereta sesuai 3 misi destinasi yang kita dapat di kartu. Pemenangnya adalah pemain yang mendapatkan point paling banyak dan berhasil menyelesaikan seluruh 3 kartu misinya. Jika ada misi yang tidak berhasil dicapai maka point akan dikurangi.

Main ticket to ride

Citadel – Citadelle

Citadel berarti benteng kota – jadi di game ini kita musti membangun kota yang terdiri dari beberapa distrik. Untuk dapat membangun distrik-distrik ini kita harus mengumpulkan koin emas di setiap ronde. Challenge-nya adalah pada setiap ronde, kita bisa memilih dari 8 role berbeda yang masing-masing memiki special power yang dapat memberikan keuntungan buat kita. Ronde ini berjalan terus sehingga kita selalu memiliki role yang berbeda dan berakhir ketika salah satu dari pemain telah membangun 7 distrik. Game ini langsung saya beli setelah mencoba bermain bersama kolega karena selain harganya murah sekitar 14€, kotaknya juga cukup kecil sehingga gampang dibawa kemana-mana. Kebanyakan board game yang lain kotaknya cukup besar biasanya karena papan atau map-nya besar, namun Citadel ini tidak menggunakan papan sehingga cukup praktis.

Carcassonne

Game ini berisi sejumlah petakan yang harus kita bentuk agar bisa membentuk jalanan, katedral, kota, taman atau kombinasinya. Setiap giliran kita mendapat 1 petakan yang harus ditempatkan di sisi yang tepat sehingga bisa membangun jalanan, katedral, kota atau taman. Jika petakan kita berhasil membentuk sepenuhnya suatu kawasan, kita bisa menempatkan pion hak milik pribadi kita. Setelah seluruh petakan habis, pemenangnya adalah yang paling memiliki banyak petakan sesuai area kawasan yang dimiliki masing-masing pion.

Main Carcassonne, Ticket to ride dan Dixit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.