Kuliah Master/PhD di Prancis dengan Nplusi

Kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana 10 tahun yang lalu saya melanjutkan kuliah Master di Prancis. Jadi di postingan ini saya ingin memperkenalkan sebuah lembaga bernama nplusi yang disimbolkan dengan N+i. Jika kalian ingin mengulik lebih dalam, silahkan langsung mengunjungi website ini.

Réseau “n+i” adalah sebuah lembaga konsorsium yang terdiri dari kurang lebih 50 Grandes Ecoles d’Ingénieurs. Untuk yang belum terlalu familiar dengan bedanya Université dengan Grand école bisa membaca postingan saya disini. Jaringan “n+i” ini dibuat untuk memfasilitasi pelajar-pelajar lulusan ekivalen Bac+3 atau setara dengan S1 di bidang teknik dan science. Program-program yang ditawarkan lembaga ini berupa Master dan Doctorat, sehingga untuk lulusan SMA yang mau melanjutkan S1 tidak bisa melalui jalur ini. Untuk program master, ada 2 jenis program yaitu master profesional atau master research. Proses apply kampus melalui lembaga ini mungkin tidak jauh berbeda seperti jika apply sendiri melalu e-candidat masing-masing kampus atau lewat CampusFrance. Setelah membuat account di website nplusi, kita harus melengkapi seluruh dokumen yang diminta. Jaman saya dahulu tahun 2009, ada tes wawancara yang dilakukan oleh staf nplusi. Namun sekarang, ada tahapan test QCM pilihan ganda matematika yang menggantikan wawancara ini. Mungkin untuk memudahkan filter kandidat karena jumlah kandidat yang semakin banyak. Dari pengalaman pribadi, ada beberapa benefit yang belum tentu bisa didapatkan jika mendaftar kampus lewat jalur lain:

Tidak perlu menguasai bahasa Prancis dari awal

Sebagian besar kampus mewajibkan para kandidat pelajar internasional untuk lulus ujian bahasa Prancis level DELF B2. Namun dengan nplusi, kita tidak wajib memiliki sertifikat bahasa Prancis ketika mendaftar sekolah. Jika kita diterima, pihak nplusi akan menyediakan kursus bahasa intensif sebelum memulai semester perkuliahan yang berdurasi 2 bulan jika kita telah memiliki DELF A2 atau 5 bulan jika kita mulai dari nol. Setelah itu, untuk semester 1, ada program integrasi metodologi dimana perkuliahan dilakukan dalam bahasa Inggris di kelas dengan jumlah mahasiswa sedikit khusus pelajar internasional dan belum dicampur dengan mahasiswa Prancis. Kelas bahasa Prancis juga terus berjalan untuk mempersiapkan kita pada level DELF B2. Mulai semester 2, kita sudah ikut kelas normal bersama orang-orang Prancis.

Peluang kerja setelah lulus cukup besar

Kualifikasi dari Grandes Ecoles yang tergabung dalam jaringan “n+i” yang memang cukup bagus membuat peluang kerja kita setelah lulus cukup besar. Silahkan kunjungi juga https://www.nplusi.com/public/en/stay-in-france-after-your-studies. Master profesional adalah program yang saya pilih saat itu karena pada semester akhir, diwajibkan magang di perusahaan dengan topik tertentu dan kita wajib mempresentasikan hasil laporan magang kita di akhir kuliah sebagai syarat kelulusan. Pengalaman magang di industri ini sangat bermanfaat sebagai modal untuk mencari kerja setelah lulus. Mentor saya selama magang banyak membantu memberikan rekomendasi ke beberapa perusahaan partner yang saya apply selama pencarian kerja. Beberapa teman yang sama-sama kuliah lewat jalur nplusi juga rata-rata bisa mendapatkan kerja di Prancis setelah lulus walaupun durasi yang dilalui masing-masing dari kami untuk bisa mendapatkan offer berbeda-beda. Ada yang sudah mendapatkan offer sebelum lulus dan ada juga yang menunggu sampai 6 bulan setelah lulus.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, ada juga kelemahan berikut khususnya bagi yang tidak pergi dengan jalur beasiswa:

Biaya yang dibutuhkan cukup mahal

Karena jalur nplusi ini menyediakan program integrasi untuk memfasilitasi level bahasa Prancis yang pas-pasan serta semester transisi khusus antar pelajar internasional, tentunya biaya yang dibutuhkan cukup mahal mulai dari sekitar 5000-6000€ ketika tahun 2009. Namun tahun ini, saya lihat biayanya mulai dari 9300€. Jika mau tahu lebih dalam, silahkan kunjungi halaman ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.