Pengalaman menggunakan tour ketika liburan di Amerika

Berhubung saya tidak menyewa mobil selama liburan di Amerika akhir tahun kemarin, saya harus menggunakan layanan tour untuk beberapa tujuan yang sulit atau tidak bisa dicapai dengan transportasi publik seperti Yosemite National Park, area Sillicon Valley dan Grand Canyon. Disini saya ingin berbagi mengenai 2 jenis layanan tour yang saya gunakan dan review pribadi saya.

Extranomical Tour

Tour ini saya gunakan untuk mengunjungi Yosemite National Park. Paket yang saya pilih adalah 1-day Yosemite Giant Sequoia tour dari San Fransisco seharga 171US$. Ada beberapa pilihan paket seperti 2-day tour hingga 5-day tour. Tour ini dimulai jam 6 pagi dimana kita akan di jemput di beberapa pick-up point tertentu berupa hotel. Pick-up point saya berada di Hilton Hotel yang terletak di tengah kota. Kami dijemput dengan bus besar. Perjalanan dari SF menuju Yosemite berlangsung selama kurang lebih 4 jam. Kami berhenti di pertengahan jalan untuk membeli salad dan sandwich untuk makan siang. Luas area taman Yosemite ini sebesar 3,027 km² sehingga supir bus kami yang merupakan seorang ibu-ibu paruh baya menurunkan kami di spot-spot menarik untuk foto-foto seperti Half Dome dan El Capitan serta menyempatkan waktu untuk menceritakan sejarahnya. Kami diberikan waktu bebas dari jam 12.30 hingga 16.00 untuk mengeksplor berbagai tempat di Yosemite, trail untuk hiking, mengunjungi museum Yosemite, dsb. Si ibu supir bus sekaligus tour guide ini sangat ramah, excited dalam menceritakan tempat-tempat menarik di sepanjang jalan, membantu kami mengambil foto sambil memberi nasehat pose-pose menarik dan yang paling penting beliau juga mengemudi dengan baik. Tour-nya juga berjalan cukup santai, tidak terburu-buru namun kami puas mengunjungi seluruh tempat.

Half Dome di Yosemite National Park

IncAdventure

Saya menggunakan tour ini untuk mengunjungi Sillicon Valley dan mengambil paket 1-day tour seharga 150US$. Awalnya, saya membooking program Sillicon Valley ini via Extranomical tour. Namun, dua hari sebelum tour, saya diberitahu bahwa jumlah orang yang berpartisipasi tidak mencukupi sehingga tour ini dibatalkan. Kami datang ke kantor Extranomical tour di SF untuk mendiskusikan beberapa alternatif lain dan salah satu opsi yang diberikan berupa bergabung dengan partner mereka yang memiliki tour serupa yaitu IncAdventur di beberapa pilihan hari yang lain. Akhirnya kita memilih hari terakhir di SF untuk mengunjungi Sillicon Valley.

Tour ini dimulai jam 7 pagi dan jam 4 sore kita sudah kembali lagi ke SF. Tidak seperti Yosemite tour yang menggunakan bus besar, tour ini hanya menggunakan van kecil yang berisi 10 orang. Kami mengunjungi kantor Google, visitors area-nya Apple dan Facebook serta mengunjungi Computer History Museum. Tour guide sekaligus supir van-nya adalah seorang abang-abang berusia 30an tahun yang cukup ramah. Dia bercerita mengenai keunikan masing-masing perusahaan, menunjukkan point-point menarik mengenai gedung-gedung baru Facebook yang sedang dibangun.

Taketours

Tour ini saya pilih untuk mengunjungi Grand Canyon West Rim selama sehari penuh dari Las Vegas seharga 90US$. Dari 3 tour berbeda yang saya gunakan selama trip ini, tour inilah yang paling mengecewekan. Seperti Extranomical, tour ini menggunakan bus besar. Tour guide saya waktu itu adalah seorang abang dari Cina. Memang perusahaan ini dimiliki oleh orang Cina sehingga seluruh staf yang mengurus, para tour guide juga kebanyakan orang-orang yang mengikuti tour adalah orang Asia.

Hualapai Teepee – tenda berbentuk kerucut yang digunakan oleh Indian American

Beberapa hal negatif yang membuat tour ke Grand Canyon ini kurang menyenangkan adalah:

  1. Aksen tour guide kurang jelas dalam berbahasa Inggris
  2. Informasi yang diberikan oleh tour guide tidak lengkap dan sengaja mempromosikan program opsional berbayar
    • Ketika dalam perjalanan bus menuju Grand Canyon, si abang tour guide menjelaskan 2 program (yang telah tertulis opsional di itinerary email ketika kita booking tour ini) berupa naik helikopter yang seharga 233US$ untuk melihat seluruh area Grand Canyon West Rim atau masuk Skywalk Glass seharga 25US$. Dari penjelasannya, kita mendapat kesan seakan-akan harus memilih salah satu program. Ini bikin kita agak bingung karena kita pikir opsional. Dia juga memberikan opini kalau gak ada gunanya pilih Skywalk Glass karena hanya bisa melihat sedikit dan lebih merekomendasikan naik helikopter. Dari sini kami sudah ada feeling kalau si abang ini mencari komisi lebih dari pembelian tiket grup. Si abang pun menanyakan masing-masing orang di bus untuk memilih antara helikopter atau Skywalk Glass dan mengumpulkan uang dari masing-masing penumpang. Tentu saja kita memilih Skywalk karena gak mau bayar mahal.
    • Setelah sampai di parkiran, kami diberikan waktu kurang lebih 3,5 jam di Grand Canyon termasuk mengunjungi Skywalk Glass atau naik helikopter. Setelah naik shuttle bus, kita mengantri untuk masuk Skywalk Glass yang cukup panjang sehingga 1,5 jam kami habiskan disana. Setelah itu, kami mengunjungi berbagai macam rumah tradisional para native American yang terletak tidak jauh dari Skywalk Glass dan juga foto-foto di depan Grand Canyon di dekat sisi Eagle eye. Mendekati waktu yang ditentukan untuk berkumpul kembali di tempat parkiran bus, kami menuju tempat tunggu shuttle bus yang sebelumnya mengantarkan kami ke Skywalk Glass. Ketika naik bus yang kami pikir akan mengantarkan kami langsung ke tempat parkiran sebelumnya, ternyata bus ini stop di beberapa tempat berbeda sebelum sampai ke parkiran. Tempat-tempat ini merupakan bagian yang bisa dikunjungi dari reservasi Hualapai Tribes yang menarik dan bisa kita kunjungi tanpa harus memilih antara helikopter dan Skywalk Glass >.<.
  3. Makan siang yang sudah termasuk di dalam paket yang dibayar berupa sandwich yang menggunakan ham babi, padahal ada banyak orang dari berbagai macam negara dengan budaya yang berbeda-beda. Saya tentunya jelas tidak makan babi, selain itu banyak orang-orang India yang hanya makan vegetarian sehingga ujung-ujungnya kami harus membeli makan siang kami sendiri 😦
  4. Tidak bisa mengunjungi Hoover Dam
    • Di itinerary yang telah dijanjikan, seharusnya kami mengunjungi Hoover Dam. Setelah selesai dari Grand Canyon, kami menuju Hoover Dam. Dalam perjalanan yang sudah agak sore, karena musim dingin matahari pun mulai terbenam dan sebelum kita sampai Hoover Dam, hari telah gelap. Ketika sampai ternyata sudah tutup karena sudah gelap dan hanya dengan permintaan maaf si abang, kita pun kembali menuju Las Vegas 😦

Intinya

Saya sangat merekomendasikan Extranomical dan IncAdventure namun sangat tidak merekomendasikan Taketour. Orang-orang di Extranomical juga sangat ramah dan helpful ketika kami mau mengganti agenda dan menjawab seluruh pertanyaan kami dengan sabar 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.