Kesan pesan: Orang Prancis vs. Amerika

Sehabis liburan akhir tahun ke Amerika dan Kanada beberapa hari lalu, saya gatel sekali untuk menulis kesan yang saya rasakan mengenai perbedaan orang Prancis dan Amerika (atau Kanada, more or less) karena impresi perbedaan yang saya rasakan besar sekali. Bertahun-tahun yang lalu, saya berpikir bahwa yang namanya orang Barat itu beda-beda tipis saja satu sama lain, yang beda banget itu ya antara orang Barat dan orang Timur. Ternyata ini tidak benar temans, malah saya lebih dapet kesan kalau orang Amerika lebih mirip orang Indonesia 😀

Tingkat keramahan: Americans are way much friendlier

Perbedaan yang paling kentara yang saya rasakan adalah tingkat keramahan orang-orang Amerika ini. Di Prancis memang ada budaya menyapa “Bonjour, ça va ?” satu sama lain. Namun ini hanya di lingkungan yang kita sudah kenal atau di komunitas tertentu misal di kantor, ketika masuk toko-toko, atau di residence university. But Americans take it to another level. Sapaan “Hey, how are you doing?” tidak hanya di lingkup formal dimana hospitality diwajibkan seperti masuk toko, ketika kita ada urusan di loket tertentu, dsb. Namun di tempat-tempat umum seperti di jalan, ketika sedang menunggu bus di bustop, bahkan di kereta ketika perjalanan, Americans are very approachable and easygoing. Kita dengan gampang memulai percakapan dan mengobrol dimanapun.

Jumlah orang obesitas di Amerika jauuh lebih banyak

Mungkin kita udah sering dengar kalau banyak orang-orang yang obesitas di Amerika. Sebenernya di Prancis pun juga ada. Namun di Amerika, orang-orang obesitas ini bener-bener ada dimana-mana. Literally everywhere you go. Yang mana setelah dipikir-pikir cukup normal karena restoran fast-food pun literally everywhere, selalu ramai dan selalu ada antrian panjang. Di Prancis, restoran non fast-food masih jauh lebih banyak dan orang Prancis pun sangat memperhatikan makanan yang mereka makan, suka makan sandwich juga rajin berolahraga.

Orang Amerika lebih gampang senyum

Seperti layaknya orang Indonesia, saya mendapati bahwa orang-orang Amerika sering tersenyum. Di Prancis, hal ini sangat sulit didapati apalagi sama orang yang tidak dikenal. Hospitality di toko-toko maupun loket layanan publik super pelit senyum. Saya kaget ketika di Amerika berpapasan di jalan dengan orang, atau yang sambil bersepeda-pun ketika eye contact merekapun tersenyum.

Orang Amerika lebih helpful terhadap turis

Ada satu cerita yang buat saya lucu ketika saya dan teman saya Yumna berada di Las Vegas. Kami baru saja sampai setelah menempuh perjalanan panjang 14 jam dengan bus dari San Fransisco dan menitipkan koper di receptionist hotel karena belum bisa langsung check-in. Karena lapar berat, kami berniat makan di restoran Shake Shack. Setelah keluar dari hotel dan berjalan sambil berusahan mengikuti google maps, tiba-tiba ada seorang lelaki yang mendekati kami menyapa “Hey girls, where do you wanna go?”. Kami menjawab kalau mau ke Shake Shack dan setelah itu dia mengajak kami mengobrol terus, tanya-tanya dari negara mana, mau ngapain bahkan sampai bilang “You’re beautiful”. Berhubung saya langsung membayangkan skenario kejadian ini yang jika terjadi Prancis adalah sudah jelas sedang dimodus, kami langsung merasa was was. Saya bahkan langsung flashback pengalaman di Maroko yang hal-hal seperti ini berujung dimintai uang 😀 Yang bikin lebih creepy lagi, ketika kami berhenti sesaat untuk mengambil foto-foto sambil berharap dia pergi memisahkan diri dari kami, dia malah nungguin dan bikin kami bertanya-tanya kenapa dia nungguin 😦 Setelah itu dia menuntun kami melewati skybridge, memasuki mall yang cukup besar dan agak complicated karena banyak gedung-gedung terpisah, kami pun mengikutinya turun eskalator untuk keluar mall dan jalan di paviliun luar mall dan tiba-tiba dia bilang “We arrived, this is Shake Shack”, dan setelah kami berterimakasih dia pun langsung pergi. Seketika itu juga kami langsung merasa bersalah telah berpikiran macam-macam 😀 Maklumlah, di Eropa negara manapun belum pernah ada orang lokal tak dikenal yang membantu saya sampai sebegitunya.

Travel VLOG di Las Vegas

5 thoughts on “Kesan pesan: Orang Prancis vs. Amerika

  1. -Kalo kesasar di Amerika, orangnya dengan senang hati ngasih tau (bahkan ada yg sampe nganterin) ke stasiun metro terdekat.
    -Mau lo satpam, pelajar, peserta konfrens, dosen, dll semua berbaur

    Hehehe itu si..pengalaman saya ke NY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.