Kesan pesan trip Maroko

Buat kalian yang sedang merencanakan trip Maroko khususnya bagi perempuan yang berniat pergi sesama teman perempuan saja atau apalagi yang berniat woman solo traveling, pasti sudah pada horor melihat tips, nasehat serta wanti-wanti pengalaman orang-orang setelah searching di internet. 

Kebetulan akhir tahun lalu tepatnya bulan Desember 2017 semasa waktu natal dan tahun baru, saya dan 5 orang teman saya (kita ber 6, 5 perempuan, 1 laki-laki) traveling selama kurang lebih 8 hari ke Maroko (Marrakesch, Sahara, Chefchaouen, Rabat). Di post kali ini saya tidak akan berbagi tipikal itinerary, namun mengenai seberapa akurat stereotype cerita-cerita para bloggers ataupun artikel vs. pengalaman yang saya rasakan secara langsung ketika disana.

Sering diuber yang ujung-ujungnya duit

Ini bener banget. Pengalaman ini langsung saya rasakan di hari pertama setelah mendarat di Marrakesh berdua bersama teman saya Angel. Dari airport, kita naik taxy tidak minta langsung ke hostel namun ke Jemaa-el-Fnaa karena saat itu kita kelaparan. Ini seperti square market place gitu yang banyak sekali street food nya. Sebelumnya kita udah mengecek di googlemaps sewaktu di airport masih ada koneksi internet, kalau hostel kita ini sekitar 10 menit jalan dari Jemaa-el-Fnaa ini sehingga kita merasa aman walaupun nanti tak ada koneksi internet tapi udah ngebuka aplikasi map di hp jadi udah ke download. Setelah kita selesai makan malam, dengan berbekal offline map kita mencoba menelusuri souks-souks menuju hotel, namun entah map yang kurang akurat atau memang jalan souks nya yang seperti labirin dan bikin pusing. Tiba-tiba hape saya baterenya habis dan ketika kita berdua lagi panik, ada 2 pria lokal yang mendekati kita dan menawarkan bantuan. Tentunya kita menolak, menghindar dan tetep berusaha buat ngira-ngira jalan sendiri sambil meninggalkan mereka sampai akhirnya kita ketemu sepasang turis dan minta tolong ngecek arah hostel di hape mereka. Ketika si turis ini sedang ngecek alamat hostel kita, tiba-tiba si 2 pria lokal muncul lagi sambil menawarkan bantuan lagi dan bilang “don’t worry, we will help you, we’re good people” sehingga jadilah si turis merasa tak perlu membantu kita lebih jauh 😦 Tak ada pilihan lagi, ya sudahlah kita menerima bantuan dan mengikuti mereka sampai tiba di hostel tujuan. Sesuai firasat saya, ketika kita baru saja bilang terimakasih atas bantuannya dan berniat langsung masuk ke hostel, tiba-tiba salah satu dari pria tersebut bilang..

excuse-me, thank you very much for me?

..yang agak bikin saya setengah ngakak setengah panik. Ngakak karena kalimat meminta kompensasinya sangat kreatif, panik karena uang recehan yang saya punya hanya sekitar 10 dirham, gak sampai 1€ 😀 jadi saya berikan seadanya saja. Sambil menertawakan kita, dia bilang “it’s okay” sambil tertawa meringis dan pergi.

Tahun baru 2018 di Rabat

Jangan pergi cewe sendiri atau cuman grup cewe aja, harus ada cowonya! Karena bakal sering diajak nikah

Ini agak kurang akurat. Karena, ada cowo maupun tidak, mau pergi cewe sendiri, grup cewe atau ada cowonya pun ternyata kesimpulan saya tak berpengaruh terhadap pria-pria lokal Maroko yang berambisi untuk menemukan istri 😀 Hal ini dirasakan oleh beberapa dari kita. Ada satu teman saya yang ketika kami sedang melihat-lihat di toko souvenir di kota Chefchaouen, didekati oleh pemilik tokonya untuk diajak ngobrol. Ditanya namanya siapa, tinggal dimana, sedang kuliah atau kerja, dan lain-lain. Eh ujung-ujung datanglah pertanyaan, kamu sudah menikah belum? mau tidak menikah dengan saya? kenapa tidak? kan bisa tetap kuliah sambil menikah? dsb.. dsb.. Wooottt !!! 

Di dalam kamar Riad Rodamon Hostel, Marrakesch

Buat yang tertarik melihat tempat-tempat yang kita kunjungi selama di Maroko, bisa langsung ditonton vlog saya dibawah ini:

Vlog trip Maroko

One thought on “Kesan pesan trip Maroko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.