Catatan Bekerja di Prancis[7] – Yang bikin gemes

Ceritanya flashback menuju 9 tahun lalu, ketika saya baru saja datang ke Prancis. Saat itu saya punya harapan-harapan dan ekspektasi mengenai hal-hal yang bisa saya dapatkan di Prancis. Tentunya banyak yang sesuai perkiraan, karena yang namanya negara maju, walaupun dulu hanya mendapatkan image dari media dan bacaan, pola pikir, sikap dan kebiasaan mereka jauh lebih baik dari negara-negara berkembang. Namun, seperti yang kita tahu sungguh tak ada yang sempurna di dunia ini, ada beberapa hal dari ekspektasi saya yang ternyata tak sesuai dengan realita dan bahkan terkadang membuat saya malah jadi lebih bangga dengan Indonesia. Poin-poin di bawah ini saya rasakan pada umumnya dari pengalaman saya di lingkungan kerja.

Berdebat tiada henti, saling potong bicara

Seperti stereotype yang telah berkembang di dunia, orang-orang Prancis adalah orang yang senang ber-argumen, mencintai perdebatan, tentunya dengan kepala dingin dan tidak disertai baper nan emosional seperti layaknya netizen Indonesia. Yang mana hal ini tentunya sangat positif. Mereka bisa saling berbeda sudut pandang, beradu mulut dengan sengit sewaktu makan siang, namun setelah itu tertawa haha hihi seketika tanpa perlu baper. Ini juga salah satu hal yang dimana saya banyak improve dan belajar banget untuk lebih berani mengemukakan pendapat tanpa harus peduli akan pandangan orang lain. 

Hanya yang sering bikin saya sakit kepala dan lelah batin, orang Prancis itu selagi berdebat senang sekali memotong pembicaraan orang lain atau bahkan memotong orang yang sedang menjawab pertanyaan orang lain. Di seringnya waktu, saya ingin benar-benar menangkap dan mencerna poin yang sedang disampaikan seseorang sebelum menjudge dan mengategorikan sudut pandangnya. Saya sendiri sebagai introvert memang lebih memilih mendengarkan orang sampai habis sebelum merespon. Namun kalau seperti itu saya gak bakalan survive disini dan sampai kapanpun gak bakalan bisa mengekspresikan pendapat. Jadinya yah akhirnya saya ikutan potong sana sini juga walau suka kesel.

Segregasi pembagian kerja kaku

Yang namanya kerja kantoran, otomatis kita pasti punya title. Mau itu software developer, product manager, dsb. Masing-masing title ini memang memiliki job desc tertentu. Saya memang belum pernah bekerja di Indonesia. Namun dari yang saya perhatikan dari beberapa teman saya yang ada di Indonesia, job desc tertulis yang seharusnya menjadi pekerjaan utama ini cukup fleksibel pada realita. Misalnya nih, telecom engineer tapi masih ambil bagian ngerjain budgeting, atau bantuin sebagian kerjaan tim di departemen marketing. Ini bisa dibilang positif atau negatif sih tapi bref, ini perdebatan di subjek lain. Di Prancis, selain karena pada dasarnya orang Eropa lebih kaku dan individualis, orang-orang sangat strict terhadap pekerjaan yang memang menjadi tanggung jawabnya atau bukan. Disatu sisi ini sebenernya bagus karena orang jadi saling bisa respect boundary satu sama lain.

Sebagai orang Indonesia yang masih ada jiwa tolong menolong dan gak tega-an, jika ada kolega lain yang meminta bantuan, meminta pendapat untuk berdiskusi yang terkadang memakan waktu lumayan lama. Saya juga tak masalah membantu apalagi memang bisa bantu. Masalahnya, bentuk kantor yang open space membuat hampir semua orang bisa melihat satu sama lain dan terkadang, ketika kita berniat baik membantu orang namun terlihat mengerjakan sesuatu yang diluar job desc nya. Yang menyebalkan itu ketika dengan senang hati bantuin orang atau terkadang malah menawarkan diri tapi malah ditegur dan orang melihat saya agak “kasihan” seakan saya terganggu musti menghabiskan waktu membantu orang lain. Di sebagian besar kejadian, saya malah disuruh bilang kalau itu bukan kerjaan saya jika ada yang meminta tolong ini atau itu, yang buat saya.. gak perlu gitu-gitu banget kalik..  Orang Prancis memang cukup sering bilang c’est pas à moi de le faire, c’est pas mon travail (ini bukan saya yang harusnya ngerjain, ini bukan kerjaanku).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.